Selasa, 28 Oktober 2008

80 Tahun Sumpah Pemuda

Hari ini, 28 Oktober 2008. Kembali kita memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 80. Delapan puluh tahun yang lalu Pemuda Pemudi dari berbagai daerah bersumpah untuk bersatu. Mengaku bahwa kita adalah satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air.

Tapi, apa yang terjadi 80 tahun kemudian? Ya hari ini Sumpah Pemuda diperingati dengan adanya tindak kerusuhan yang terjadi di beberapa daerah. Di Surabaya, Makasar, bahkan di Jakarta. Kemana perginya rasa kesatuan itu? Yang 80 tahun lalu diperjuangkan.

Tugas kitalah sebenarnya, sebagai Pemuda Pemudi dijaman ini. Untuk mempertahankan kesatuan bangsa ini. Tugas kita juga untuk kembali mengingatkan diri sendiri agar kembali memiliki rasa nasionalisme.
Melakukan yang terbaik untuk bangsa ini.

Bagaimana caranya? Lakukan semua menurut bagian masing2. Jika kamu pelajar, jadilah pelajar yang baik. Jika kamu mahasiswa, jadilah juga mahasiswa yang baik. Sehingga saat kamu sudah terjun ke masyarakat, kamu bisa melakukan perbaikan bagi lingkunganmu. Intinya, bangsa ini akan menjadi maju, jika rakyatnya melakukan yang terbaik sesuai dengan bagiannya masing2.

Dan jangan lupa, selalu berdoa untuk bangsa ini.



It's me,
Kitajima

Tidak ada komentar: