Rabu, 28 Januari 2009

Tips Keamanan Buat Email Si Kecil

Allow blogger,

Sekarang ini tampaknya internet pun sudah dikenal baik oleh anak-anak. Hal itu tentunya membawa dampak positif dan negative. Untuk itu dibutuhkan adanya jalan tengah dalam mengatasi dampak negatifnya. Buat kamu2 yang memiliki anak yang masih anak-anak <…apa coba> atau paling gak ada adik yang juga masih dalam katergori anak-anak, aku mau kasih tips en trik mengatasi masalah tersebut. Yaaa, bukan dari aku sih, tapi dapet dari PC Plus. Aku Cuma sekedar membagikan apa yang ku dapat aja.
Ini dia neh tips & trik nya : :

Solusinya adalah :

Koneksi internet tetap dibuka, tapi tidak dibuka seluas-luasnya. Ada batasan yang dibuat oleh orang tua. Windows Vista punya fitur semacam itu. Nama fiturnya “Parental Control”. PC Plus pernah membahas fitur ini tak lama setelah Windows Vista diluncurkan. Ada juga peranti lunak lain – tidak terbundel dengan Windows – yang fungsinya kurang lebih sama dengan fitur Parental Control milik Windows Vista. Contohnya, Net Nanny dan CyberPatrol Parental Controls. Sayangnya, tak satupun dari peranti-peranti itu punya fitur untuk megawasi e-mail si kecil. Padahal, informasi ‘enggak bener” bisa pula masuk ke kotak surat e-mail.

Para orang tua bisa mengawasi e-mail anak mereka menggunakan peranti yang berasal dari Windows Live. Peranti itu bernama Windows Live Family Safety. Hanya saja, orang tua dan anaknya harus memiliki e-mail Windows Live-bisa Hotmail, Windows Live, atau Live.

Kalau Anda sebagai orang tua, sudah punya e-mail di Windows Live, bukanlah e-mail anda. Kalau belum punya, datanglah ke www.live.com untuk mendaftar. Setelah daftar, lakukan login. Unduhlah pernti family safety dari https://fss.live.com/safety/default.aspx. Setelah unduh, jalankan instalasi. Di menu aplikasi, install Family Safety saja-kecuali Anda mau install yang lainnya juga. Setelah install, ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Kalau proses instalasi sudah selesai, jalankan Family Safety. Langsung saja lakukan login. Klik [Masuk] setelah Windows Live ID dan password dimasukkan. Oh ya, asal tahu saja, PCplus pakai Family Safety versi Bahasa Indonesia.
2. Di kotak setelah login, klik [Masuk ke situs web Family Safety] sehingga browser pun membuka situs web.
3. Di situs web Family Safety, klik [Tambahkan Anak]. Kemudian, klik [Buat ID Anak] untuk membuatkan alamat e-mail baru bagi mereka.
4. Isilah semua informasi yang diperlukan untuk membuat alamat e-mail bagi anak Anda.
5. Halaman berikutnya langsung mengatur situs web yang akan diblok sehingga tidak bisa dibuka oleh si anak. Anda bisa memilih [Ketat] untuk memblok semua situs web yang dianggap cocok untuk anak-anak dan situs web yang sudah Anda tentukan. Anda bisa melihat daftar situs web yang cocok untuk anak-anak di http://fss.live.com/kids.
6. Anda bisa memasukan suatu situs web untuk diblok atau untuk diizinkan. Masukkan alamat situs web itu kemudian pilih aksinya-blok atau perbolehkan. Klik [Tambah] kalau sudah. Jangan lupa klik [Simpan].
7. Klik [Manajemen Kontak] untuk menyaring e-mail yang masuk ke kotak suratnya. Di halaman yang kemudian muncul, Anda dapat mengatus agar anak Anda Cuma bisa berkomunikasi dengan alamt emaik tertentu saja. Masukkan nama dan alamat e-mail yang bisa berkomunikasi dengan anak Anda. Klik [Tambah]. Lakukan terus untuk alamat-alamat lain.

Begitulah cara penggunaan Family Safety. Apabila si junior ingin berkomunikasi dengan orang lain, ia harus minta izin dulu dengan Anda. Setelah Anda izinkan, baru dia bisa mengirim dan menerima e-mail.

Oke dey, blogger en my friends. Abis baca en praktekin tips en trik di atas, jangan lupa tuliskan comment kamu di blog ini yaph. Thanks.



It’s me,
Marini
2005-81-048
Tantangan Motivasi Usaha


22 komentar:

Anonim mengatakan...

bagus ni artikelnya

Enjie mengatakan...

Hmm, setauku vista itu masih agak sulit dikendalikan sampai sekarang hehehe. Banyak sekali problemnya dibandingkan XP. Beberapa sotfware lain yg diinstall ke vista juga lebih rawan error-nya.

Yeremia Enrico mengatakan...

kalo begitu, ini kaan menimbulkan dampak yang baik akan anak2

Unknown mengatakan...

Hm... masalah parental control di email kayanya baru denger nih, biasanya yang aku tau parental control buat download file or buat masuk web. Satu langkah bagus buat para orang tua dalam mengawasi aktivitas anaknya di dunia maya. Permasalahnya adalah apakah ortu sekarang lebih melek teknologi ketimbang anaknya? Karena banyak ortu masih gaptek, kalah sama anaknya.

Kitajima reena mengatakan...

@Archaengela alias c santi...
Thx ya udah comment. Emang sih anak sekarang tuh kebanyakan lebih pinter en sadar teknologi ketimbang ortunya.
So, buat para ortu "Ayooo... Rajin2 ngeblog, jangan kalah sama anaknya". :)
He...He...

Sekitar kita mengatakan...

Lumayan tipsnya buat pengalaman....

>>> denalt <<<

Sekitar kita mengatakan...

Baguuss bgt buat pengalaman ney...

Sekitar kita mengatakan...

Wow keren abiz...

LuvHeR~ mengatakan...

cara yang lumayan bagus....
tp ribet banget....

mendig pake cara yang simple klo mank ada....

:D

Anonim mengatakan...

Semoga para orang tua tetap selalu mengawasi anak-anaknya saja deh walaupun orang tua kebanyakan gaptek, makanya para orang belajar internet & buka komputer dunk....!

Anonim mengatakan...

huhuhuhu,,,marpo tulisan lu sungguh menyentuh hati,,,so sad..hik hik hik

Anonim mengatakan...

Ck ck ck gw baru kali ini ngeliat Posting sehebat dan semenarik ini... gw belom pernah nemuin kaya gini.. kira kira siapa nih yang buat... Salut deh.. Sukses !

Kitajima reena mengatakan...

@ skie
Kan da gw blg nie g ambil dr PcPlus..

Anonim mengatakan...

oi mar..g blom baca nih.. ini cm mao test doang isi komen, huehuehue... :D

darkchaos mengatakan...

Klo menurut gw sih mending install software yang bisa ngeblock situs2 yg ga di inginkan . . .

banyak kok software2 yang free di internet . . .

yah itu sih klo gw . . .

darkchaos mengatakan...

klo bisa waktu si kecil browsing or menggunakan komputer, coba diawasi dan dibimbing . . .
karena menurut gw yang paling tepat tuh bimbingan dan kesadaran diri sndiri . . .

tp ga da salahnya jg kita memiliki software untuk blocking situs2 yang tdk pantas di lihat or di baca anak2 . . .

Hermawan P mengatakan...

ok sih, btw g orang awam banget mungkin ada jasa / service untuk melakukan hal ini

fairyska's diary mengatakan...

Good article.
Lumayan tambah2 info buat gw. Tq y

Anonim mengatakan...

tulisan yang bagus.. bisa saya terapkan di rumah.. makasih

ardyhimovic

apaajaada mengatakan...

Ternyata Technologi Informatika udah merambah ke dunia si kecil... anak jaman sekarang emang canggih.. balita aja udah tau namanya komputer.. so.. take care your Child!!

Anonim mengatakan...

lumayan, tp cuma utk pengguna windows & windows live aj y?!

Anonim mengatakan...

Bagus jg Mar jd gw bisa mengontrol anak gw...

Hhhoo..hhooo..hhooo


INTAN_SWAN